14 Cara Jitu Meraih Lebih banyak Kesempatan

Hai, Sobat. Pernahkah kamu menghitung berapa banyak orang yang mencari kesempatan kerja di luar sana? Ya. Ratusan atau, bahkan, ribuan orang sedang bersaing untuk mendapat tempat yang layak untuk mencari nafkah. Itu berarti persaingan sangat ketat. Ibaratnya, untuk mendapat kesempatan kerja, setiap orang harus melewati saringan yang lubangnya sangat kecil. Siapa yang mujur, dialah yang lolos.

Sayangnya, kemujuran bukan satu-satunya cara untuk mendapat kesempatan. Orang yang peruntungannya baik, belum tentu berhasil jika tidak ditunjang dengan pergaulan yang luas. Sebaliknya, orang yang tidak terlalu mujur tetapi berusaha memperluas pergaulan, akan mendapat lebih banyak kesempatan dalam hal apapun.

Jadi, melebarkan sayap dan memperluas pergaulan sangat memegang peranan untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan.

Bagaimana cara memperluas pergaulan (networking)? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Bergaul

Bergaul merupakan ajang untuk membuka diri sekaligus membuka peluang. Coba deh, hitung, berapa banyak peluang tercipta dari hubungan pertemanan? Dalam dunia bisnis, sangat banyak yang meraih kesuksesan dari hubungan pertemanan yang luas. Bahkan, beberapa ahli mengatakan bahwa bergaul adalah metode yang paling tepat untuk meraih kesuksesan baik secara pribadi maupun profesional. Jadi, tunggu apa lagi? Bergaulah sekarang juga!

2.  Kikis Rasa Malu

Banyak orang yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dalam waktu cepat. Hal ini sangat wajar dan bisa ditolerir. Asalkan tetap berusaha, cepat atau lambat kita dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Lain halnya jika kita memelihara rasa malu yang berlebihan. Sikap pemalu akan membuat kita terus menerus berada di dalam tempurung. Jika kita tidak berusaha mengikis rasa malu yang berlebihan, kesempatan untuk sukses yang sudah ada di depan mata, akan terbang begitu saja.

3. Teknik Berkomunikasi

Terkadang kita harus datang ke acara yang dihadiri oleh orang yang sama sekali tidak dikenal. Berbicara dengan orang yang tidak dikenal memang tidak nyaman. Namun, dalam situasi seperti inilah tercipta kesempatan untuk menambah teman yang nantinya akan menambah informasi-informasi penting yang mungkin dibutuhkan dalam bisnis kita. Jadi, kuasailah teknik berkomunikasi. Sekali mencoba bertegur sapa, selanjutkan kita akan semakin nyaman dan menikmati komunikasi tersebut, sekalipun dengan orang yang baru dikenal.

4.  Menjadi Pendengar

Pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan untuk didengar. Dalam berkomunikasi, sebaiknya tempatkan diri kita sebagai pendengar yang baik. Ingat, dengarkan kata-kata lawan bicara dengan tulus, bukan hanya berpura-pura. Dengan menjadi pendengar yang baik, orang yang didengarkan akan merasa dekat dengan kita. Selanjutnya, kita akan mendapat simpati yang lebih besar lagi dan terjalinlah hubungan pertemanan yang akrab dan hangat.

5.  Asah Empati

Empati berbeda dengan simpati. Ketika bersimpati, kita akan larut dalam keadaan yang dialami lawan bicara. Sementara, ketika berempati, kita tidak larut begitu saja dalam pembicaraan, melainkan dapat memahami keadaan lawan bicara sekaligus bersikap objektif dalam memandang suatu keadaan.

6.  Tatap Muka

Pertemuan khusus seperti tatap muka adalah kesempatan untuk memperdalam hubungan pertemanan. Carilah kesempatan untuk pertemuan itu seperti pada saat makan siang, seminar, peluncuran produk atau pembukaan pameran. Dengan adanya pertemuan khusus itu, berbagai informasi penting biasanya mengalir lebih cepat. Dari sini terbukti bahwa tatap muka satu lawan satu merupakan syarat utama dalam mendapatkan lebih banyak kesempatan.

7.  Manfaatkan Antrean

Bosan berada dalam antrean yang panjang? Ya, mengantre adalah kegiatan yang sangat menyebalkan. Tapi, cobalah untuk melihat sisi positifnya. Banyak pengalaman membuktikan bahwa dalam antrean kita bisa bertemu orang-orang yang selama ini sulit ditemui. Manfaatkan suasana mengantre dengan berkenalan dan berbagi pengalaman dengan orang-orang di sekitar. Besar kemungkinan, percakapan singkat di dalam antrean ini akan berlanjut menjadi sahabat atau bahkan rekanan bisnis.

8.  Bergabung dalam Kelompok

Di era cyber seperti ini, bergabung ke dalam kelompok merupakan hal yang sangat mudah. Di dalam kelompok tersebut kita bisa bertemu dengan orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Dengan demikian, kita bisa berdiskusi, bertukar pengalaman, bahkan mengerjakan proyek bersama-sama. Asyik, kan?

9.  Bahasa Tubuh

Intelektualitas, intelegensia, dan kepribadian dapat terbaca dari bahasa tubuh. Karenanya, jika tidak ingin dicap sebagai orang sembrono atau urakan, perhatikan bahasa tubuhmu. Posisi duduk dengan punggung tegak seolah tubuh ditarik ke atas, akan terlihat elegan daripada posisi duduk membungkuk atau leyeh-leyeh seperti orang malas.  Posisi berdiri juga harus diperhatikan. Berdirilah dengan tegak dan tidak bersandar. Begitu pun posisi saat berjalan. Usahakan tetap tegap, berirama, dan santai. Bahasa tubuh juga berlaku pada saat kita berbicara. Tataplah mata lawan bicara untuk memberi kesan bahwa kita menghargai ucapannya.

10. Brand Image 

Kita bisa menciptakan citra diri dan pamor positif lewat pergaulan. Secara tidak langsung, arena pergaulan adalah tempat untuk “menjual” diri, berikut bisnis yang kita bangun. Dengan bersikap positif, mudah berteman, andal, dan dapat dipercaya, akan membentuk brand image yang akhirnya berguna untuk mendapatkan kesempatan dalam berbisnis. Agar brand image berkembang, usahakan keahlian dan kemampuanmu tersosialisasi. Selain itu, buang jauh-jauh rasa rendah diri dan berhentilah memikirkan kekurangan diri.

11.  Rileks

Jauhkan rasa tegang ketika sedang berhadapan dengan orang lain. Bersikaplah santai, yakin pada diri sendiri, dan selalu pasang senyum di bibir. Sikap seperti ini tidak hanya membuat kita dan lawan bicara merasa nyaman, tetapi juga membuat kita menikmati pergaulan. Bagaimana pun, lingkungan akan lebih menyukai orang yang luwes dalam pergaulan.

12. Ekspresikan Diri

Para ahli mengatakan bahwa setiap orang hanya memiliki waktu 30 detik untuk mengekspresikan diri pada pertemuan pertama. Sangat singkat, bukan? Dalam waktu sesingkat itu kita dituntut untuk memberi ekspresi yang positif. Mengapa ekspresi diri sangat penting? Sebab, ekspresi akan memperlancar kontak kita dengan orang di sekitar, dapat membuka kesempatan lebih besar, dan mengundang simpati orang lain untuk membina hubungan. Ekspresi yang positif dan sesuai dengan karakter serta bisnis yang kita jalankan, merupakan cara ampuh untuk melebarkan sayap. Selain melalui sikap, ekspresikan juga dirimu lewat busana yang sesuai.

13. Bangun Jejaring

Maraknya jejaring sosial memungkinkan kita untuk menambah daftar teman sebanyak-banyaknya. Setelah itu, bangunlah pertemanan yang berkualitas. Masuklah ke dalam perkumpulan, organisasi, atau kelompok yang anggotanya menjadi target dalam bisnismu. Jangan lupa kunjungi acara-acara yang dihadiri atau diadakan oleh kelompok-kelompok ini dan libatkan dirimu dalam kelompok itu. Lalu, buatlah pertemuan atau kontak rutin, baik secara langsung maupun lewat dunia maya.

14. Beri Penghargaan

Sudah akrab dengan teman-teman barumu? Pertahankan hubungan itu dan teruslah menjalin pertemanan. Beri perhatian pada mereka dengan cara peduli pada momen istimewanya seperti ulang tahun, kenaikan jabatan, kelulusan, melahirkan, dan ulang tahun pernikahan. Sebuah kartu atau kado kecil akan menjadi wakil diri kita sebagai bentuk perhatian.

Bagaimana? Sudah mempraktikkan seluruh cara jitu di atas? Kalau sudah, bersiaplah meraih lebih banyak kesempatan!